Gejala dan Bahaya Darah Tinggi di Usia Muda yang Perlu Kamu Ketahui - Glamodaa

Gejala dan Bahaya Darah Tinggi di Usia Muda yang Perlu Kamu Ketahui



Darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi kronis dimana tekanan darah pada pembuluh darah bersih atau dinding arteri meningkat. Penyakit darah tinggi dapat menyerang siapa saja tanpa adanya gejala yang terlihat. Darah tinggi tidak hanya menyerang mereka yang tua saja namun juga untuk kalangan anak muda. Faktanya hipertensi memang sangat rentan bagi mereka yang berusia 13 hingga 18 tahun. Untuk itu sebaiknya mereka selalu waspada serta mengetahui Penyebab dan Bahaya Darah Tinggi di Usia Muda.
Tanpa kita sadari penyakit darah tinggi bisa merusak tubuh hingga bertahun-tahun dengan gejala yang terus berkembang seperti terjadinya serangan jantung fatal kelumpuhan dan kualitas hidup yang buruk. Oleh karena itu, sebaiknya kita kenali terlebih dahulu beberapa Penyebab dan Bahaya Darah Tinggi supaya kita bisa mengantisipasinya sejak dini.
Gejala dan Bahaya Darah Tinggi di Usia Muda yang Perlu Kamu Ketahui
Susah Tidur atau Insomnia
Apakah kamu termasuk salah satu orang yang sering mengalami insomnia? Jika iya, sebaiknya periksakan diri kamu kedokter. Hal ini lantaran Gejala dan Bahaya Darah Tinggi di Usia Muda bisa ditandai dengan terjadinya insomnia. Umumnya Penyebab darah tinggi lantaran terlalu banyak pikiran, sehingga membuat mereka akan kesulitan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kondisi ini tentu akan membuat peredaran darah dikepala kurang lancar.
Terjadi Pendarahan pada rongga Hidung
Gejala dan Bahaya Darah Tinggi di Usia Muda selanjutnya adalah terjadinya pendarahan pada rongga hidung baik secara ringan maupun berat. Kondisi ini terjadi lantaran tekanan darah meningkat sehingga suhu tubuh terasa panas dan menekan pasokan darah yang mengalami penyumbatan dengan begitu maka akan memicu terjadinya penggumpalan darah.
Wajah Berubah Pucat dan Merah
Ketika hipertensi menyerang mereka pada usia produktif maka tekanan darah akan terus meningkat. Oleh karena itu, kondisi inilah yang membuat perubahan pada wajah terlihat pucat dan kemerahan. Umumnya Penyebab darah tinggi pada kasus ini lantaran terlalu banyak tekanan yang diperoleh saat aktivitas sehari-hari.
Gejala dan Bahaya Darah Tinggi di Usia Muda  terjadinya secara tiba-tiba dan akan terasa nyeri pada dada yang kurang stabil (angina). Hal ini lantaran tekanan yang didapatkan saat kerja atau aktivitas sehari-hari terus menjadi beban pikiran.
Sakit Kepala Berulang
Tanda-tanda seseorang terkena darah tinggi yaitu terjadinya nyeri ringan pada kepala yang secara perlahan akan berubah menjadi sakit kepala berulang dan terasa sangat sakit. Gejala ini sering terjadi pada anak muda lantaran stres dalam kurun waktu yang lama sehingga menyebabkan pembuluh darah mengalami penyempitan dan akhirnya menyebabkan sakit kepala yang lama.
Akibat gejala ini yaitu bisa terjadi kerusakan otak, umumnya identik dengan terjadinya perubahan kepribadian secara tiba-tiba, mudah marah, kehilangan ingatan, sulit berkonsentrasi serta kehilangan kesadaran  (ensefalopati).
Rasa Kantuk dan Mudah Haus
Gejala darah tinggi pada usia muda adalah sering merasa ngantuk dan mudah haus meskipun sudah mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang telah ditentukan. Hal ini lantaran tekanan darah telah membuat organ arteri bekerja lebih berat sehingga sangat membutuhkan cairan tubuh. Hal inilah yang memicu terjadinya dehidrasi. Bahaya darah tinggi diusia muda adalah terjadinya gagal ginjal akut hingga kehilangan fungsi ginjal.
Setelah mengetahui Gejala dan Bahaya Darah Tinggi di Usia Muda ada baiknya kamu juga harus mengetahui beberapa referensi terkait dengan penyebab darah tinggi, hal ini bertujuan agar kamu bisa mendeteksinya sejak dini dan terus menjaga pola hidup sehatmu.

No comments