Selalu Gagal dalam Wawancara di Bank? Pastikan kamu Takhlukkan Interviewer dengan Cara Ini - Glamodaa

Selalu Gagal dalam Wawancara di Bank? Pastikan kamu Takhlukkan Interviewer dengan Cara Ini



Punya impian kerja di bank? Tahap pemberkasan hingga psikotes sudah lulus? Tentu, menjadi kabar bahagia jika kalian sudah memasuki tahap interview atau wawancara. Namun, sangat disayangkan jika kamu harus gagal di tahap interview setelah sekian lama proses yang dilaluinya. Oleh karena itu, untuk meminimalisir hal tersebut kamu harus banyak mencari informasi terkait dengan tips wawancara kerja di Bank baik melalui media elektronik ataupun media cetak.
Pada dasarnya, tahap interview memang sangat mendebarkan bagi para peserta. Bagaimana tidak, saat interview peserta akan langsung berhadapan dengan para interviewer yang umumnya tidak hanya terdiri dari satu orang namun bisa dari beberapa orang. Masing-masing interviewer tentu mempunyai pertanyaan yang berbeda-beda dan harus dijawab sedetail mungkin namun berbobot. Untuk itu, tips wawancara di bank berikut akan sangat membantu kamu dalam menakhlukkan para interviewer.

Tips Wawancara Kerja di Bank yang Berkualitas supaya Lulus

Perhatikan Penampilan

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa penampilan memang sangat berpengaruh dalam keputusan interviewer kepada para peserta yang ingin kerja di bank. Bagaimana tidak, saat kalian melakukan wawancara otomatis poin pertama yang akan diperhatikan adalah penampilanmu. Jika kamu sudah acak-acakan, tidak wangi dan kusut tentu tim interviewer akan berfikir dua kali untuk mengajak kamu bergabung dengan perusahaan mereka.  
Terlebih lagi, jika kamu ingin mendaftar di bagian frontliner tentu penampilan harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan setiap harinya kamu akan dihadapkan dengan customer atau klien sehingga citra perusahaan juga akan terlihat dari penampilan para karyawannya. Semakin dia mempunyai good looking otomatis masyarakat juga mempunyai pemikiran yang positif terhadap tempat kamu bekerja.

Selalu Percaya Diri

Tips wawancara kerja di Bank yang kedua ini masih sangat berhubungan erat dengan poin pertama. Jika kamu mempunyai penampilan yang rapi, wangi dan tertata tentu akan menunjang rasa percaya dirimu. Berbeda jika penampilan kamu berantakan dan tidak wangi tentu akan merasa minder dengan peserta lainnya yang rapi.
Bagaimana jika pada dasarnya kamu kurang percaya diri? Tidak perlu khawatir, interviewer juga manusia dan mereka tidak seseram yang dibayangkan. Mengapa? Karena pada umumnya interviewer akan memberikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan data diri peserta mulai dari perkenalan diri, riwayat pendidikan, riwayat organisasi, riwayat kerja, skill yang kamu miliki. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu tidak ada yang sulit karena memang hanya diri kamu yang tahu tentang hal-hal tersebut.

Kejujuran menjadi Poin Penting

Sebenarnya tidak hanya kerja di perbankan, di manapun kamu berada kejujuran memang sangatlah penting. Namun, dalam tips wawancara kerja di bank sebaiknya kejujuran memang harus diutamakan. Janganlah memberikan jawaban semu yang kesannya ingin terlihat wah didepan interviewer tetapi kenyataannya nihil “OMDO” alias “Omong Doang”.
Berilah jawaban dari setiap pertanyaan dengan sesuai keadaan, khususnya terkait dengan pengalaman organisasi, pengalaman kerja, prestasi dan skills. Jangan sekali-kali menganggap bahwa interviewer tidak akan tahu hal tersebut. mereka itu telah melakukan seleksi ribuan peserta dan berpengalaman jadi sekecil apapun kebohonganmu pasti nantinya akan terlihat.

Tegas namun Sopan

Tips wawancara kerja di Bank selanjutnya yaitu terkait dengan ketegasan dan kesopanan dari para peserta. Orang tegas memang disukai oleh interviewer namun kesopanan tetap haruslah diperhatikan. Jangan sampai ketegasan yang kamu miliki dicap angkuh atau sombong. Oleh karena itu sebaiknya tetap perhatikan tata krama dalam berkomunikasi.
Interviewer selain menanyakan beberapa hal terkait dengan data diri pribadi juga akan memutar atau mengejar beberapa pertanyaan yang membuat pusing peserta. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena dalam hal ini tidak ada istilah benar dan salah. Mereka hanya ingin melihat konsistensi kamu dalam memberikan jawaban, ketegasan dan bagaimana cara menyampaikan. Untuk itu, sebaiknya berilah jawaban yang tegas, konsisten dan sopan.
Itulah beberapa tips wawancara kerja di Bank yang ditulis sesuai dengan pengalaman dan pastinya akan bermanfaat buat kamu. Bagi kamu yang fresh graduate sebaiknya tetap mencari informasi terkait dengan Tips Wawancara Kerja untuk fresh graduate agar hasilnya lebih memuaskan. Ingat! Lakukan tips di atas dengan diiringi doa dan restu dari orang tua.

No comments